Translate

Selasa, 25 Desember 2012

Tips Cara Menghilangkan dan Mengeluarkan Jerawat Dengan Benar



Jerawat adalah penyakit kulit yang biasa dialami oleh manusia. Ketika dimuka kita ada jerawat, yang tentunya bukan jerawat batu, tangan kita pasti sudah “gatal” sangat ingin segera mengeluarkan isi jerawat tersebut. Sebenarnya kita sebaiknya tidak mengeluarkan isi jerawat tersebut sendiri, tetapi karena tangan kita memang sudah sangat gatal, maka langkah-langkah yang baik untuk mengeluarkan isi jerawat dari muka kita adalah sebagai berikut :
  1. Cuci tangan dengan benar, agar sampai bersih dari kuman penyakit. Perhatikan terutama pada bagian di bawah kuku.
  2. Sebelum memulai proses mengeluarkan isi jerawat, sebaiknya menggunakan sarung tangan (steril) sekali pakai terlebih dahulu. Hal ini untuk mencegah adanya kontak dengan bakteri yang mungkin masih tersisa di tangan anda terutama di daerah sekitar kuku.
  3. Pilih / pastikan sebuah jerawat yang sudah “matang”.
  4. Ambil jarum dan bersihkan dari bakteri dengan cara dicelupkan dalam larutan alkohol. Atau bila anda ingin lebih baik lagi, bakar terlebih dahulu ujung jarum tersebut kemudian setelah dingin dilap dengan menggunakan kain yang telah diberi alkohol.
  5. Bersihkan kulit sekitar jerawat dari kotoran, make up, ataupun keringat. Gunakan juga alkohol atau cairan pembersih / anti bakteri. Hal ini untuk memastikan bahwa area di sekitar jerawat bersih dari bakteri.
  6. Tusuk dengan lembut permukaan jerawat dengan menggunakan jarum yang telah dipersiapkan sebelumnya. Tusukan yang baik adalah jarum diusahakan ditusuk sejajar dengan kulit kepala lalu dengan lembut mendorong menyeluruh jarum kemudian tarik ke atas, sehingga akan membuka bagian atas jerawat.
  7. Jika tidak ada nanah yang keluar, maka jerawat belum siap. Proses jangan diteruskan. Hentikan juga bila darah mulai keluar dari dalam jerawat. Lap bekas tusukan dengan kapas yang telah dibasahi larutan alkohol. Lanjutkan / coba kembali saja esok hari.
  8. Jika ada nanah yang keluar, lanjutkan dengan tekanan mendorong ke bawah di sekitar lubang jerawat, tegak lurus dengan kulit Anda, sekitar jerawat. Jangan memencet jerawat antara ibu jari dan jari-jari. Meremas dapat menyebabkan jerawat pecah ke dalam kulit yang akan membuat menjadi peradangan lebih lanjut sehingga akan mengubah jerawat kecil menjadi bintil merah besar.
  9. Ketika mengeluarkan jerawat, lakukan proses pengeluaran isi jerawat dengan perlahan dan jangan dipaksakan. Jika jerawat telah “matang” maka akan keluar dengan sendirinya.
  10. Setelah isi jerawat keluar, basuh dan lap permukaan jerawat dengan menggunakan kapas yang telah dibasahi alkohol / cairan antibakteri. Hal ini dimaksudkan agar luka jerawat dapat cepat sembuh.
 Sementara itu untuk menghilangkan bekas jerawat, ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan seperti dikutip dari Buzzle berikut ini.



1. Bubuk kayu cendana yang dibuat pasta
Bubuk kayu cendana dapat bekerja secara ajaib untuk menutupi pori-pori kulit yang besar bekas jerawat. Caranya oleskan pada bekas jerawat sebelum tidur dan gunakan semalaman, lalu bilas dengan air dingin di pagi hari. Pemakaian yang rutin akan mendapatkan hasil yang bagus.

2. Bubuk kayu cendana yang dicampur dengan air mawar
Caranya oleskan pada bekas jerawat sebelum tidur dan gunakan semalaman lalu bilas dengan air dingin di pagi hari. Tapi jika kulit menjadi kering, cobalah ditambahkan susu dalam ramuan bubuk cendana itu dan gunakan hanya beberapa jam saja tak perlu semalaman.

3. Pori-pori kulit sehabis jerawatan biasanya membesar, untuk mengencangkannya bisa diusap-usap dengan es batu di wajah selama 15 menit.

4. Menggosok-gosokkan kulit bagian dalam timun atau tomat ke wajah adalah cara lain menghilangkan bekas jerawat. Biarkan selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih. Tomat tidak hanya mengecikan pori-pori tapi juga menghilangkan komedo dan cocok untuk pengobatan kulit berminyak

Semoga Tips Cara Menghilangkan dan Mengeluarkan Jerawat Dengan Benar yang telah diulas diatas dapat membantu :)
Ingat yah, langkah-langkah mengeluarkan jerawat tersebut hanya untuk jerawat biasa, dan bukan untuk jerawat batu. Untuk jerawat batu sebaiknya anda menghubungi dokter anda. ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar